Saturday, July 18, 2009

Cara Daftar Google Adsense


Sebelum menginjak kepada topik utama yakni bagaimana mendaftar di Google adsense ada beberapa hal atau lebih tepat saya sebut kiat-kiat bagaimana agar blog kita lebih memungkinkan untuk di terima menjadi anggota dariGoogle adsense, karena tak jarang pemilik blog yang ingin ikut program ini merasa kapok di sebabkan pihak google adsense menolak dari keanggotaan dirinya. Yang perlu di ingat adalah kiat-kiat yang saya berikan ini adalah bukanlah suatu hal yang mutlak apabila dilakukan akan 100 persen menjamin kalian di terima di google adsense, akan tetapi hanyalah sebuah tips sebagai bahan pertimbangan kalian semua.

Perlu saya informasikan, bahwa apabila mendaftar ke Google Adsense menggunakan situs/blog berbahasa Indonesia maka kita hanya dapat memasang formulir pencarian Google Search

seperti ini di situs atau blog kita. Makanya, kalau mau daftar Google Adsense, silakan bikin situs/blog berbahasa Inggris, kalau mempunyai keterbatasan dalam berbahasa Inggris, kita bisa copy paste dulu, asal jangan melanggar etika dalam ngeblog, dimana kita harus cantumkan sumber dimana kita dapatkan materi itu.

Langkah-langkah Daftar Google Adsense

1. Buat situs/blog berbahasa Inggris
Usakan blog yang di daftarkan ke google adsense mempunyai bahasa utama bahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa yang di support oleh adsense, yang perlu di ketahui adalah apabila kita sudah di terima oleh adsense, kita dapat menyimpan kode iklannya pada blog milik kita yang lainnya, tidak terbatas kepada blog yang di daftarkan. Jadi hanya sekedar untuk lulus seleksi, sebaiknya buatlah dulu blog yang berbahasa Inggris. Bagaimana apabila tidak bisa bahasa Inggris dan tentunya tidak mempunyai blog yang berbahasa Inggris? Sobat jangan terlebih dahulu putus harapan, silahkan coba dulu daftarkan blognya di adsense karena sudah banyak blog yang berbahasa Indosesia pun bisa di terima oleh adsense.

Supaya lebih mudah, buat saja blog berbahasa Inggris. Ingat, jangan bikin di wordpress.com karena wordpress.com tidak memperbolehkan kita pasang iklan. Paling mudah bikinlah di Blogger. Syarat untuk bikin blog di Blogger hanyalah memiliki Google Account. Kalau belum punya silakan bikin dulu di salah satu fasilitas yang disediakan google, misalkan gmail.

2. Isi situs/blog dengan Artikel/Posting Berbahasa Inggris
Sebelum mengisi artikel yang belum punya blo di blogger.com atau blogspot.com kita perlu daftar dulu, silahkan mendaftar disini. kemudian ikuti langkah-langkah sampai memperoleh template blog standart berikut alamat URL blog kita.

Biasanya ini yang sering terjadi, sebuah blog yang baru jadi dan hanya berisi satu atau dua posting artikel saja sudah di daftarkan ke adsense. Sebaiknya isilah terlebih dahulu blognya dengan beberapa postingan artikel, minimal sudah mempunyai 10 buah artikel barulah coba daftarkan di adsense.

Isilah situs/blog dengan artikel/posting berbahasa Inggris. Saya sarankan minimal blog kita memiliki 10 artikel/posting berbahsa Inggris. Tentu saja lebih disukai artikel/posting yang orisinil. Akan tetapi, kalau memang sudah benar-benar mentok tidak bisa nulis pakai Bahasa Inggris, carilah free articles atau free contents. GoArticles.com adalah salah satu sumber free articles yang dapat dipakai. Tentu saja, kita harus mengikuti ketentuan dan syarat yang diberikan oleh penyedia free articles manapun, biasanya berupa permintaan untuk mempublikasikan seperti aslinya dengan tetap mempublikasikan nama penulis asli dan footernya, serta cantumkan alamat url nya sebagai sumber aslinya.

Selain itu design blog yang bagus, sebaiknya tatalah terlebih dahulu blog yang akan di daftarkan ke adsense, walaupun Google adsense tidak mengharuskan bahwa yang di daftarkan adalah sebuah situs atau blog yang bersifat profesional, namun adsense tidak menginginkan iklan nya pada blog yang terkesan di desain asal jadi.

Dan sebelum mendaftar ke adsense, usakan bahwa blog kita sudah ada pengunjungnya, minimal sudah pernah di kunjungi oleh 100 orang pengunjung. Selain itu yang perlu di ingat adalah bisnis Google adsense ini merupakan bisnis yang sangat bergantung kepada para pengunjung blog, percuma saja apabila kita sudah punya iklan adsense tapi masih sepi pengunjung. Agar blognya banyak di kunjungi pengunjung tentu kita harus berpromosi ria ke sana kemari dan isi dari blog kita ada hal yang di rasa bermanfaat bagi para pengunjung blog.

3. Daftar Google Adsense

Setelah situs/blog siap dengan halaman-halaman/posting berbahasa Inggris (untuk blog saya sarankan minimal 10 tulisan) silakan mendaftar ke Google Adsense disini dengan menggunaka alamat situs/blog sebagai situs yang didaftarkan.

Pada saat mendaftar pastikan nama yang didaftarkan di Google Adsense sama persis dengan nama kita di KTP untuk menghindari masalah kesulitan mencairkan cek di kemudian hari.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Untuk mendaftar adsense kalian bisa klik disini
  1. Setelah berada pada situs Google adsense, silahkan klik tombol dropdown yang berada pada sebelah atas dan pilihlah bahasa Indonesia agar lebih di mengerti oleh kita, direkomendasikan setting berbahasa Inggris.

  2. Klik tombol daftar google adsense

  3. Ada beberapa form yang harus di isi :

    • Website URL: [?] ; isi dengan alamat URL kalian. Contoh : http://har-stkip.blogspot.com

    • Website language / Bahasa pada website [?] ; klik menu dropdownnya, lalu pilih bahasa utama dari blog kalian, bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, direkomendasikan pilih Bahasa Inggris, sesuai blog kalian (English-English).

    • Centang/klick semua kotak isian dibawahnya

    • Account type / Jenis Account: [?] ; pilih yang individual

    • Country or territory / Negara atau wilayah: [?] ; pilih Indonesia (sesuaikan dengan tempat tinggal kalian)

    • Payee name (full name) / Nama penerima pembayaran ; isi dengan nama lengkap kalian, ini sangatlah penting, jangan di singkat.

    • Street Address / Alamat: [?]; isi dengan alamat lengkap sobat

    • City/Town / Kota: [?] ; isi dengan nama kota dimana sobat tinggal. contoh : Kediri

    • State / Negara bagian: [?] ; tidak perlu, ini khusus untuk amerika

    • Kode pos: [?] ; isi dengan kode pos

    • Telepon [?] ; isi dengan nomor telepon kalian.

    • Dibawah tulisan kebijakan, silahkan kalian centang semua kotak kecil yang berisi perjanjian bahwa kalian menyetujuinya.

    • Klik tombol Submit Information

    • Selesai, Tunggu Keputusan Google Adsense. Proses persetujuan sesuai pengalaman saya 3 – 7 hari.

4. Sambil Menunggu Keputusan Tetaplah Mengisi Situs/Blog

Sambil menunggu proses penilaian yang diberikan oleh Google Adsense saya sarankan tetap mengisi situs/blog dengan artikel/posting berbahasa Inggris. Saya sarankan seperti itu supaya situs/blog kita kelihatan sebagai situs/blog yang hidup.

Sumber : kombor.com dan Kang Rohman

1 comments:

KANTHI SUPROBOYONO on October 11, 2009 at 8:02 AM said...

OK, I will try it. Thanks for your information

Post a Comment

 

Hello

My Blog List

My Blog List

Tranbisnis Info © 2009