Tuesday, January 26, 2010

Arabic di Windows XP


Ditulis oleh Urip.WP.Com
Duh selama ini mesti kudu ribet2 nginstall MS Office Arabic kalo mau ngetik tulisan arab. Saya baru tahu kalo di Win XP ada fasilitas untuk bisa ngetik arab di office biasa. Yah… sayang baru tahu. Tinggal setting languange aja rupanya dari control panel. Asyik euy.
Untukwin XP-sp2 langkahnya adalah sebagai berikut :
Klik yah….
Start > Setting > Control panel > Regional and Language Options > Pindah Tab Languages > Centang pada Install Files for script and right to left languages di bagian “Suplemental Language Suport” >
Kalo diminta Source win XP-nya tunjukkan di mana letaknya tepatnya sih di folder i386 kalo pakai CD yg masukin tuh CD.
Kalo perlu juga ikuti langkah selanjutnya masih di tab Languages bagian “text service and input language” klik detail dan klik add pada installed servive pilih arabic
Biasanya sih diminta restart. Yah turuti aja biar gak ngambek….

Kalau langkah di atas sudah diikuti pasti bisa kok. otomatis office bisa digunakan untuk mengetik arabic. Hanya mungkin perlu penyesuaian tool bar kalao gak muncul untuk arah kanan-kiri-nya. munculkannya lewat klik Tools > customize > klik tab command > pilih Kategori Format drug and drop right to left ke atas dibagian menu bar. Dengan demikian kalau mau ngetik yg arabic tinggal klik toolbar tadi atau ubah setting langguage bar di deket systray pojok kanan bawah layar monitor.
Atau Anda dapat mengubah metode input bahasa yg ada dengan menekan Alt + Shift pada keyboard
kalau mau lebih detail kunjungi web resminya microsoft aja yah http://www.microsoft.com/globaldev/handson/user/xpintlsupp.mspx

Wah….. barusan browsing ternyata ada tutorial yang jauh lebih mudah untuk diikuti. Jadi untuk lebih jelas dan gamblangnya saya sarankan klik link berikut ini. maaf baru tahu nih….. telat infonya sebab saya dapat setelah saya baca dari situs resminya miscrosoft, terus tulis di blog ini… jadi basi deh…gak papa yah.
(Ini khusus bagi yang belum tahu aja….)
http://myquran.org/forum/index.php/topic,920.0.html
trus kalo mau lihat video-nya bisa klik link berikut meskipun kualitasnya kurang bagus, tapi cukup-lah:
http://video.google.com/videoplay?docid=1511198323635851624&q=arabic+keyboard

Kalau pengalaman saya menggunakan WIN XP sp-2 dan Office 2003 bajakan
Kalau semua langkah dah diikuti, Mulainya gini:
Buka Ms Office itu, Trus ubah setting language yg ada dideket Quick Launch sebelah kanan bawah itu ke Arab.
Bisa juga dengan mengcustomize arah pengetikan.
Klik tools >> customize >> tab command >> Cari di bagian Categorie tulisan format >> pindah ke sebelahnya (Command) >> cari Tool bar [right to left] >> drug and drop (klik dan seret ke toolbar standar letakkan di sana) >> Udah selesai tutup menu customize tadi.
Jadi sebelum mengetik ubah arah pengetikan sesuai tujuannya. Jika settig language sudah mengikuti petunjuknya dengan benar maka cara saya tadi pasti berhasil.



0 comments:

Post a Comment

 

Hello

My Blog List

My Blog List

Tranbisnis Info © 2009